Editing Foto Keren

Cara Melihat Gerhana Matahari Yang Aman

Cara Melihat Gerhana Matahari Yang Aman. Insya Allah Rabu, 09 Maret 2016 kita semua akan menyaksikan peristiwa alam Gerhana Matahari Total. Indonesia merupakan salah satu negara yang akan dilalui Gerhana Matahari tersebut.


Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari,[1] sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (wikipedia)

Anamankah menyaksikan fenomena alamat Gerhana Matahari ?

Terkait hal itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya, membeberkan penjelasan jika seseorang melihat langsung peristiwa alam yang sangat langka itu. Ada fase yang dibolehkan, tapi ada juga fase yang berbahaya.

"Jika melihatnya pada saat fase GMT terjadi, maka melihat tidak berbahaya," ujar Andi di kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Namun, kata Andi, akan menjadi sangat berbahaya jika seseorang melihat langsung pada saat terjadi gerhana sebagian. Terutama jika seseorang melihatnya dalam durasi yang lama. Karena itu, Andi memperingatkan masyarakat agar menghindari melihat fase gerhana sebagian ini. (liputan6 dot com)

 Terus, kalau saya mau melihat bagaimana?

Tenang aja, apalagi jika ditempatmu susah untuk menyaksikan Gerhana Matahari ini. Karena BMKG sudah menyediakan sarana untuk kita bisa menyaksikannya melalui live streaming Gerhana Matahari Total 2016.

Untuk bisa menyaksikan live streaming tersebut, silahkan langsung saja klik disini atau bisa langsung klik gambar dibawah ini.


Gerhana Matahari Total 2016




Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat.


Jangan lupa bagikan ke yang lain juga ya !

2 comments:

  1. Wah, tipnya boleh di coba nih, ada kesempatan makasih mas bro,,, tapi jawa gak di lewati katanya yak,,,

    ReplyDelete
  2. Trima kasih tipsnya, bermanfaat bagi yang penasaran sama gerhana matahari, seperti saya,,, hehe tapi jawa sepertinya tidak di lewatinya?

    ReplyDelete