Apa Itu Pneumonia, Penyebab, dan Pencegahan

Penyakit Pneumonia merenggut nyawa presenter Redaksi Pagi Trans 7, Andrie Djarot pada Selasa (12/5) pagi.



Sebenarnya apa sih Pneumonia itu?

Pneumonia merupakan istilah medis yang menggambarkan sebuah penyakit pada paru-paru yang dapat terjadi ringan hingga serius dan mengancam nyawa. Pneunomia paling serius jika terjadi pada bayi dan anak-anak, orang tua diatas usia 65 tahun, dan orang-orang dengan masalah kesehatan yang mendasarinya atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Ditinjau dari definisi, Pneumonia adalah infeksi atau peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru, lebih tepatnya peradangan itu terjadi pada kantung udara (alveolus,jamak: alveoli). Kantung udara akan terisi cairan atau nanah, sehingga menyebabkan sesak nafas, batuk berdahak, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas. Infeksi tersebut disebabkan oleh berbagai organisme, termasuk bakteri, virus dan jamur.

Gejala umum pneumonia meliputi batuk, demam dan kesulitan bernapas. Gejala ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan timbul mendadak serta berkembang dengan cepat.
Batuk berdahak merupakan gejala yang paling sering pada penderita pneumonia. Dahak penderita pneumonia dapat berupa dahak kental, menyerupai nanah, atau disertai bercak darah.

Penyebab dan Pencegahan Pneumonia

Bakteri streptococcus pneumoniae sering menyebabkan pneumonia. Pneumonia sendiri juga bisa diakibatkan oleh virus dan bakteri lain. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dan pola hidup sehat.

Tidak merokok juga akan menjauhkan Anda dari pneumonia, karena rokok dapat merusak paru-paru dan mempertinggi risiko infeksi. Vaksin PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) dan vaksin influenza sangat dianjurkan bagi orang yang berisiko tinggi terkena pneumonia.

Jika Anda merasakan gejala pneumonia, segera konsultasi kepada dokter. Anda membutuhkan rontgen dada atau pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis. Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami gejala yang parah seperti napas terengah-engah, dada sakit, atau kebingungan.

dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment